Panduan Memilih Class di World of Dragon Nest, Mana yang Terkuat?

Akhirnya setelah ditunggu-tunggu, World of Dragon Nest telah release pada 8 Januari 2020 dan dapat kalian unduh di iOS atau Android gawai kalian masing-masing. Antusiasme para gamers terhadap game ini memang sangat tinggi, dikarenakan kesuksesan game pendahulunya "Dragon Nest" yang terlebih dahulu melenggangkan kesuksesannya di platform PC.

Berbeda dengan game pendahulunya tersebut yang awal kemunculannya hanya menyediakan 5 Class awal, di World of Dragon Nest ini menawarkan 6 Class yang bisa kalian pilih dan mainkan. Yep, ada satu class baru yang dirancang spesial di game ini, nama class-nya Slayer.


Yang lebih menariknya lagi adalah... tidak gender lock! Dulu di Dragon Nest PC, kita hanya bisa memainkan Cleric & Warrior dengan gender laki-laki dan Sorceress & Archer dengan gender perempuan. Sekarang di World of Dragon Nest, kalian bisa memainkan Cleric dengan gender perempuan atau pun Archer dengan gender cowok. Jadi tolong, jangan hode ya...

World of Dragon Nest juga mengusung ide dual weapon, kalian bisa mengganti senjata kalian di tengah-tengah pertarungan yang berarti mengakses slot skills kedua class kalian. Bagaimanapun, kalian akan tetap memilih Class lanjutan ketika menyentuh level 15.


Langsung saja kita lihat class-class yang ada, supaya kalian tahu mana class yang sesuai dengan tipe bermain kalian.




1. Warrior


Buat kalian yang suka main bar-bar, cocok pilih class ini. Mempunyai potensi tank yang tinggi dan mampu menghasilkan damage yang cukup besar, menjadikan dia salah satu class favorite di game ini. Menggunakan Sword atau Axe, sehingga tipe Class ini adalah petarung jarak dekat. Ketika sampai di level 15, kalian akan memilih Class lanjutan dari Warrior, yaitu Sword master atau Mercenary. Mercenary menggunakan Axe, dapat menghasilkan damage yang besar dalam jangkauan yang luas dan pertahanan yang mumpuni. Sementara Sword Master yang menggunakan Sword mengandalkan ketangkasan pemainnya dan dapat mengeluarkan berbagai skill hempasan dari pedangnya.



2. Slayer

Kesan saya pertama kali saat melihat Slayer adalah Assassin, dan mungkin, class ini sebenarnya adalah "wujud lain" dari class Assassin yang ada di Dragon Nest PC. Class baru ini cocok untuk kalian yang suka dengan karakter permainan cepat, memberi serangan brutal secara terus menerus sehingga lawan tidak sempat memberi serangan balasan. Di level 15 kalian bisa memilih Bringer yang memadukan light dan dark sebagai kekuatan bertarung. Atau Dark Apostle yang bisa sembunyi-sembunyi mengincar musuh dan membunuhnya dalam senyap. Meskipun keterangan tipe class ini adalah  "Short range", Slayer mampu memberikan serangan dalam jarak yang cukup jauh menggunakan skil-skill mematikannya.



3. Archer

Menjadi satu-satunya bangsa elf di game, Archer menggunakan busurnya untuk menghasilkan damage yang luar biasa besar. Jika kalian memilih Class ini karena ingin dapat membunuh musuh-musuh dari kejauhan, maka pilih Class lanjutan Bow Master. Asal bisa menjaga jarak dengan musuh, lawan kalian akan mati sebelum mereka dapat menyentuh Bow Master. Boleh dibilang, Bow Master adalah penghasil Damage per Second tertinggi di game ini. Namun apabila kalian adalah pemain dengan tipe jarak dekat dan jago melakukan combo, maka pilihlah Acrobat; class dengan berbagai buff dan berbagai variasi serangan tendangan serta tingkat kelincahan yang tinggi.



4. Cleric

Selanjutnya adalah class favorit saya, Cleric. Darah bangsawan dengan sifat dingin. Mereka adalah petarung jarak dekat yang membawa tameng sebagai alat bertahan. Selain itu mereka juga bisa melakukan healing, punya berbagai buff untuk team, dan kekuatan listrik yang bisa digunakan untuk menyerang dan bertahan. Yep, Cleric adalah tanker dan juga support di  World of Dragon Nest. Sehingga Cleric sangat berguna untuk dibawa ke Nest di party. Cleric bisa menjadi Priest, mempunyai banyak skill listrik atau Paladin yang mengandalkan kekuatan dan ketahanan fisiknya.

5. Sorceress

Sampai di hero terakhir, Sorceress dikenal dengan kekuatan magic-nya yang sangat tinggi dan destruktif. Ditambah dengan area serangannya yang sangat luas, Sorceress dapat membunuh lawan-lawannya dengan sangat cepat. Makam dari itu, Sorceress dibekali dengan ketahanan fisik yang rendah, sehingga pemain Sorceress harus lihai memposisikan diri. Jika kalian ingin menggunakan spell api dan es, maka pilihlah Elemental Lord. Tetapi jika kalian ingin mencoba bermain perpaduan light dan dark, maka pilihlah Force User. Jika kalian gemar bermain magic di game-game lain, maka cobalah class ini. Karena di World of Dragon Nest hanya Sorceress ini lah yang dibekali kekuatan sihir yang sangat kuat.


Begitulah ulasan kelima hero yang ada di World of Dragon Nest saat ini. Mengikuti jejak Dragon Nest di PC, kemungkinan besar nantinya juga masih akan kedatangan beberapa class baru. Meskipun sudah hampir sebulan sejak game ini hadir di playstore, tidak akan pernah ada salahnya untuk kalian yang belum memainkan game ini, untuk segera mencobanya!
Sampai jumpa di Saint Haven!

2 Comments

Previous Post Next Post