Zoro Vs Sanji, Siapa Yang Menang?


Zoro dan Sanji merupakan bagian dari Trio Monster Bajak Laut Topi Jerami, tentunya bersama sang Kapten Monkey D. Luffy. Sudah tidak heran kalau banyak pertanyaan mengenai siapa yang akan menang apabila Zoro dan Sanji harus melakukan duel satu lawan satu.

Sanji memiliki gaya bertarung yang luar biasa hanya dengan menggunakan kaki telanjangnya saja. Serangan bertubi-tubi dan kecepatan yang mengandalkan kakinya itu bahkan bisa membuatnya ‘terbang’ ke langit. Bahkan memanfaatkan kecepatan kakinya tersebut, sampai bisa menghasilkan efek bara api.

Tapi apabila ia harus berhadapan dengan Zoro, dimana selama petualangannya bersama Luffy, ia selalu mendapat jatah lawan orang terkuat nomer dua dari pihak musuh oleh Oda. Karena lawan terkuat tentu saja dijatahkan untuk Luffy. Zoro yang bisa kita bilang orang yang memiliki fisik terkuat dari Kru Topi Jerami ini, memiliki kekuatan besar dan juga kecepatan yang mumpuni.

Benarkah Zoro akan menang jika harus menghadapi Sanji? Karena kebanyakan pendapat mengatakan demikian.

Kembali ke 2 tahun yang lalu Kru Topi Jerami ‘menghilang’, saat dimana mereka berlatih dengan sangat keras supaya menjadi lebih kuat.

Zoro dilatih oleh seseorang yang kelak (katanya) akan ia kalahkan sendiri. Ya, Dracule Mihawk. Pendekar nomer satu dalam dunia One Piece yang juga menyandang gelar Shichibukai. Tentang kekuatannya dalam cerita ini, dapat disimpulkan dia setingkat dengan Shanks, salah satu dari Yonkou.

Sementara Sanji hanya dilatih oleh orang sekelas Ivankov, Ratu Okama sekaligus Komandan Pasukan Revolusioner. Secara kasat mata, Ivankov tidak mampu menyamai kekuatan Mihawk. Bisa dilihat dari perang besar Marineford saat itu.

Dan omong-omong soal latihan, Zoro sedari kecil sudah berlatih bertarung di Dojonya. Sama seperti Luffy yang sejak kecil juga sudah dilatih dengan keras oleh Garp. Sedangkan Sanji, yang kita ketahui dia hanya memasak sejak kecil.

Tidak hanya itu, masih ada satu scene yang memperkuat fakta. Kalau Zoro memang memiliki fisik yang lebih kuat dari Sanji. Ya, saat arc Thriller Bark usai. Masih ingatkan saat kedua orang ini berusaha mempertaruhkan nyawanya demi melindungi sang kapten kita? Pada akhirnya Zoro berhasil ‘merobohkan’ Sanji dengan sekali hentakan. Menerima seluruh luka yang diderita Luffy untuk ditransfer ke tubuh Zoro. Bahkan Kuma pun mengingatkannya kalau kemungkinan besar dia akan mati. Tapi tentu saja si badass ini tidak mati, memang sih luka parah.

Dari poin-poin ini mari kita kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya, benarkah kalau Sanji memang jauh lebih lemah dibanding Zoro?

Tunggu dulu! Poin-poin yang saya sebutkan di atas, merupakan pendapat yang sering kita jumpai dari mereka yang ‘menjagokan’ Zoro jika harus dijejerkan dengan Sanji. Dan langsung ke inti artikel ini saja.
Saya cuma ingin mengatakan, kalau Sanji tidak lebih lemah dari Zoro dan berlaku sebaliknya. Atau gampangnya, mereka seimbang.

"Eh mas, daritadi ngomong panjang lebar gitu kok ujung-ujungnya malah bilang kalau seimbang?!"



Gaya bertarung mereka.

Sanji jauh lebih cepat dari Zoro, bahkan mungkin sudah berbeda levelnya. Meski saya tidak mengatakan kalau Zoro pun tidak cepat. Tapi memang itulah faktanya. Ingatkah kalian tentang scene Punkz Hazard di mana Sanji menyelam dengan sangat cepat di danau beracun?

Sementara poin yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang Zoro yang menahan rasa sakit Luffy juga merupakan bukti kalau Zoro mempunyai fisik yang lebih unggul. Gamblangnya, kekuatan Zoro terletak pada tubuh bagian atas sedangkan Sanji ada di tubuh bagian bawahnya.

Sudah diklarifikasi juga oleh Oda, kalau Zoro menguasai Haki Busoshoku. Dengan Haki ini, kekuatan menebasnya bakal lebih ampuh dan mampu melawan pengguna buah setan tipe logia, serta memiliki armor tak terlihat yang melindunginya dari musuh.

Oda pun mengklarifikasi bahwa Sanji menguasai Haki Kenbunshoku. Memiliki kekuatan untuk mengetahui keadaan di sekitarnya seperti mengetahui jumlah musuh dan bahkan bisa digunakan untuk memprediksi gerakan musuh. Sangat cocok dengan sifat Sanji yang cerdik.


Cukup dari perbedaan kedua hal tersebut, bisa disimpulkan kalau mereka berdua seimbang. Tampaknya memang Oda ingin rivalitas mereka terus berlanjut. Sampai saat ini, setelah selang 2 tahun berlalu, Zoro belum menemukan lawan yang sepadan. Sementara Sanji secara beruntun terus berhadapan dengan musuh yang kuat. Itu juga mungkin yang membuat kesan kalau Zoro lebih kuat.

Zoro diplot untuk dikenal sebagai orang nomer 2 dia Kru Topi Jerami. Dan Sanji diplot Oda sebagai Mr.Princenya. *baca: Pahlawan Kru Topi Jerami di saat genting.

Mereka memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sebenarnya saya juga merasa tidak suka untuk ‘mempertarungkan’ mereka. Namun saya hanya ingin mempertegas kalau si Marimo dan si Alis keriting ini mempunyai kekuatan yang seimbang. Jadi nikmati saja rivalitas kocak mereka dan tunggu musuh-musuh besar yang akan mereka hadapi!
Terima kasih telah membaca surat kecil dariku untuk para pencinta One Piece.

Tertanda, Roronoa Zoro fanboy.


11 Comments

  1. hahaha ternyata seimbang yah jawabannya ,, okey nice post

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran, seperti apa mereka bertarung. judul animenya apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah malah belum tau ini dari apa ya @@,
      Ini pada dasarnya dari manga mas, judulnya One Piece.

      Delete
  3. menurut gw sih dalam hal kekuatan fisik sanji masih kalah sama zoro tapi masalah kecepatan dan pola pikir yang cerdik zoro kalah sama sanji.. mereka punya kelebihan skill masing masing.. tapi kalo ditanya mana yang akan menang bila mereka harus saling bertarung jawabanya adalah dimana situasi dan tempat yang akan menguntungkan salah satu dari kegunaan skill mereka sendiri, contoh: di dalam air dan udara sanji yang akan menang namun jika di daratan atau di hutan zoro lah yang akan menang. ini hanya prediksi menurut gw.. mengerti ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini aku juga setuju! Makasih tambahannya, soalnya sejauh ini, kekuatan Zoro rasanya lebih banyak dipamerin sih ketimbang Sanji hahaha :p

      Delete
  4. Zoro vs Sanji siapa yang bakal menang? Jawabannya Luffy :D

    ReplyDelete
  5. yaa mereka bertiga luffy, zoro, dan sanji selalu kalah sama nami, hehehehe.

    orang terkuat di kru topi jerami adalah Nami si kucing pencuri, wkwkwkw

    ReplyDelete
  6. menang zoro mas kalo duel by 1. kekuatan fisik zoro lebih kuat dari sanji. waktu di thriller bark, saat kuma transfer semua derita fisik luffy, zoro nerima semua luka luffy tapi si zoro masih bisa berdiri tegak walaupun badannya penuh darah. beda sama sanji yang ditabrak zoro langsung pingsan. terus serangan zoro (shishi sonson) berhasil ngerobek lengannya kuma. sedangkan sanji pas nendang kuma, malah kakinya yang keseleo. selain itu zoro sama luffy punya kekuatan yang berimbang. jadi kalo sanji sama zoro dianggap seimbang dalam kekuatan fisik, kayaknya gak pas gitu. tapi kalo akal sama strategi menang sanji. soalnya waktu di enies lobby, ketika semua memikirkan cara buat nahan marine, cuma si sanji aja yang punya inisiatif buat ngerusak meriam kapal marine.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post