Sisi Positif One Piece dari Bajak Laut Topi Jerami


Yang Bisa Kita Pelajari Dari Kru Topi Jerami
Manga One Piece yang disebut-sebut menyandang predikat sebagai manga nomer satu di dunia ini bukanlah isapan jempol belaka. Manga yang alur ceritanya terfokus pada petualangan Luffy dan teman-temannya atau dikenal sebagai Bajak Laut Topi Jerami ini terus memamerkan alur yang (sangat) menarik sehingga membuat para pembaca setianya selalu menantikan keluarnya chapter terbaru.

Dan kali ini, mari kita luangkan lima menit waktu untuk membaca, sisi positif para kru Topi Jerami yang tak pernah lelah mencapai mimpinya masing-masing.



1. Monkey D. Luffy
Sang Kapten Bajak Laut Topi Jerami!
Dengan lantang memaparkan impiannya kepada semua orang, tidak peduli dengan anggapan orang lain tentang impiannya yang sangat ‘tinggi’ itu. Terus mengejar impian itu dan tidak mengenal kata menyerah bahkan ketika hidupnya di ujung tanduk. Ya, di saat lehernya hampir dipotong oleh Buggy, dia masih bisa tersenyum tanpa menunjukkan sedikit pun rasa putus asa.

Mempercayai temannya sepercaya ia mempercayai dirinya sendiri. Perasaan naifnya emang tidak  tanggung-tanggung, tidak usah dipikir mau ngomong apa, cukup katakan saja!
Sadarkah kalian kalau Luffy tidak pernah berbicara dalam hati?

Pemuda optimis nan selalu berterus terang ini sebenarnya mempunyai paling banyak hal positif yang bisa kita teladani, jadi tak usah dipaparkan mungkin kalian pun sudah mengetahuinya.


      2. Roronoa Zoro
Kru paling tahan banting ini punya kekuatan fisik yang luar biasa. Tapi hidup ini adil, fisik luar biasanya itu ia dapat karena selalu berlatih dengan sangat keras. Meski begitu, ia tidak lupa untuk istirahat yang cukup! Sampai kadang yang lain lagi panik-panik eh si doi masih aja bobo siang…

Memiliki mimpi untuk menjadi nomer satu merupakan ambisi yang besar, tapi baginya, apa pentingnya berhasil meraih mimpi itu jika bahkan melindungi kaptennya saja tidak bisa.

Dia pernah ‘menyerahkan’ nyawanya sebagai ganti nyawa Luffy, untung saja ia masih selamat, terima kasih kepada tubuh kokohnya. Beberapa kali juga Zoro berada di ambang kematian, tapi sifat alaminya memang selalu optimis.


     3. Nami
Sebagai seorang navigator, Nami harus menuntun teman-temannya ke jalan yang benar. Untuk itu tidak hanya diperlukan tingkat wawasan yang kuat, tapi juga harus memikul tanggung jawab dan resiko yang tinggi pula.

Nami dengan baik mengajarkan kepada kita, untuk menjadi keluarga tidak memerlukan sebuah ikatan darah. Dan itu tepat seperti gambaran mereka di atas kapal Thousand Sunny mereka yang sekarang. 

Dan menurutku hal terpenting yang bisa diambil dari gadis seksi ini, kita harus pandai-pandai mencari uang di zaman yang segalanya membutuhkan uang ini.


      4. Usopp
Pahlawan wannabe kita. Dia mungkin seringkali dengan bodohnya terus berbohong, tapi secara tidak langsung, saat itulah ia memaparkan mimpi-mimpinya. Dan tahukah kalian kalau kebohongan-kebohongannya satu per satu mulai terwujud nyata?

Tapi tetap saja, berbohong entah bagaimana pun bukanlah hal yang baik. Karena sudah terkenal sebagai pembohong, ia sempat tidak dipercaya oleh warga desa dan bahkan teman-temannya sendiri.

Dan untuknya, tidaklah mengapa kalau impiannya diketawakan oleh banyak orang. Tapi dia tidak terima jika ada orang lain yang menertawakan impian temannya.


     5. Sanji
Sebagai seorang koki, tangan merupakan aspek terpenting dalam membuat masakan. Oleh karena itu, sebagai petarung utama dalam Bajak Laut Topi Jerami, ia enggan untuk menggunakan kedua tangannya sebagai ‘senjata’ bertarung.

Sanji juga pantangan lain. Yaitu untuk benar-benar tidak melukai wanita. Sekalipun jika itu adalah musuhnya, karena bahkan dia pernah hampir mati karena tidak mau melawan musuhnya yang seorang wanita.

Dia memang punya kegilaan berlebih pada wanita. Dan tentang poster bountynya yang hanya “Only Alive”, Oda sendiri sudah bilang di tahun 2016 ini akan ada kejutan tentang Sanji.


      6. Tony Tony Chopper
Dokternya Bajak Laut Topi Jerami, Chopper mempunyai mimpi untuk bisa mengobati segala jenis penyakit di dunia. Hal ini disebabkan karena saat ia masih kecil, seorang Dokter yang merawatnya sejak kecil mati terkena penyakit yang saat itu tidak bisa terobati.

Pasti tahu kan, rusa berhidung biru ini mempunyai sifat yang sangat naif, alias polos. Percaya kepada kebohongan-kebohongan yang diceritakan Usopp, tidak bisa menyembunyikan perasaan hatinya entah itu marah atau tersipu malu. Tapi sebenarnya, ciri-ciri seperti itu menandakan bahwa seseorang di dalam hatinya mempunyai perasaan yang tulus tanpa dibuat-buat.

Mari hidup mencontoh Chopper, dengan selalu imut :3


      7. Nico Robin
Saat membayangkan Robin, lantas teringat slogan guru sejarah di sekolah, history makes man wise. Karena Robin dengan begitu sempurna mencerminkannya. Lewat masa lalu banyak sekali hal-hal yang bisa dipelajari. Dan seperti Robin yang terlihat minim bicara dan tenang di segala situasi, dengan elegan ia terlihat sangat bijaksana <3 nbsp="">

Dia ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di void century, sejarah masa lalu yang membuat ia tidak mempunyai siapa-siapa atau tempat untuk kembali. Kehilangan Ibunya, teman-temannya, seluruh orang di pulaunya dan bahkan desa pulaunya pun ikut hancur. Hal ini menurutku membuat Robin sebagai anggota Topi Jerami yang mempunyai masa lalu paling sedih. Tapi pernahkah kalian melihat dia mengeluh sedih?

Terima kasih Robin-senpai, telah menjadi wanita idaman para lelaki.


      8. Franky

Supeeer~ Seorang gentlemen yang merubah susunan tubuhnya untuk menjadi seorang cyborg. Di balik kerasnya baja yang menutupi kulitnya tersebut, dia mempunyai perasaan yang ‘lembut’. (baca: selalu menangis tapi tidak ia akui.) Berbeda dengan beberapa orang yang memiliki hati keras di balik kulit lembutnya ya?

Dia menghormati seorang pria bahkan meski itu musuhnya. Membantu orang-orang di sekitarnya dan menjadikan bagian keluarganya, ya, Franky Family. Dia  Dan yang paling teringat adalah, ketika ia berusaha menghentikan kereta laut yang membawa guru pembuat kapalnya.

Tetap semangat dan salam supeer~


      9. Brook
Tengkorak yang bernyanyi sebagai anggota Bajak Laut Topi Jerami. Sebagai pemakan buah iblis Yomi Yomi no Mi, membuatnya hidup abadi. Dan karenanya ia berpuluh-puluh tahun hidup sendiri, benar-benar hidup sendiri, tanpa arti kiasan. Brook masih merasa harus terus melanjutkan perjalanannya, karena ia mempunyai janji untuk bertemu kembali dengan paus bernama Laboon. Wah, janji dengan paus aja ditepatin ya? Kok kita….

Dengan fisik hanya menyisakan tengkorak, seringkali ia ditakuti oleh orang-orang yang belum mengetahuinya. Tapi ia tak pernah mempermasalahkannya, dan bahkan lewat kekurangan fisiknya tersebut ia gunakan sebagai bahan bercanda.



Tentu saja sebenarnya masih sangat banyak sisi positif para anggota kru Topi Jerami yang bisa kita ambil, dan ini hanyalah gambaran kecilnya saja. Jadi silakan bantu menambahkan ya. Di balik semua ini, terima kasih kepada Eiichiro Oda, selaku pencipta maha karya One Piece serta tokoh-tokoh di atas.

Post a Comment

0 Comments